≡ Menu

Kelompok 14 Maret Dukung Campur Tangan Amerika dan Eropa

Kelompok 14 Maret, nama kelompok-kelompok Lebanon yang berkiblat ke Barat, menyatakan dukungannya atas campur tangan Amerika dan Eropa soal urusan dalam negeri Lebanon. Padahal, rakyat Lebanon semakin khawatir akibat campur tangan ini.

Sekaitan dengan masalah ini, Ketua Partai Demokratik Druze, Walid Jumblatt, yang juga salah satu tokoh kelompok 14 Maret, menyatakan dukungannya atas sikap Amerika dan Eropa. Negara Amerika dan Eropa selama ini mencampuri urusan dalam negeri Lebanon. Dukungan ini disampaikan dalam situasi babak baru upaya rekonsiliasi nasional yang digagas Ketua Parlemen Lebanon, Nabih Berri. Sebelumnya, dalam sidang parlemen yang diadakan tanggal 25 September, parlemen Lebanon gagal memilih presiden. Setelah kegagalan itu, Nabih Berri berusaha keras mewujudkan kesepakatan antar partai-partai politik Lebanon untuk kembali memilih presiden baru pada sidang parlemen berikutnya. Sidang selanjutnya pemilihan presiden oleh parlemen Lebanon ditetapkan pada tanggal 23 Oktober nanti.

Diplomasi aktif Nabih Berri dan kelompoknya 8 Maret, nama kelompok yang menolak hegemoni Barat, berupaya menyelesaikan krisis politik di Lebanon. Usahanya saat ini menjadi perimbangan baru dalam kancah politik Lebanon demi mewujudkan rekonsiliasi nasional. Upaya penyelesaian kebuntuan politik Lebanon menjadi kekhawatiran Amerika dan Eropa. Kesepakatan pihak-pihak di Lebanon membahayakan kepentingan mereka. Untuk itu, mereka berusaha dengan pelbagai cara menghentikan manuver politik Nabih Berri dan kelompoknya.

Tokoh-tokoh politik Amerika dan Eropa tengah berupaya melakukan infiltrasi ke lembaga kepresidenan Lebanon. Upaya mengulur waktu ini hanya strategi memecah suara calon presiden dari kelompok penentang politik mereka. Harapan mereka, presiden Lebanon terpilih nanti harus menaati kebijakan yang mereka gariskan. Di sini, kelompok 14 Maret memainkan peran penting sebagai alat politik Amerika dan Eropa di Lebanon. Kelompok yang lebih memilih mementingkan kelompok dan partainya ketimbang kepentingan nasional menjadi target Amerika. Kelompok 14 Maret bersikeras presiden akan datang Lebanon harus berasal dari kelompoknya yang taat politik Amerika. Guna melicinkan rencana Barat, kelompok 14 Maret menyatakan dukungannya atas sikap Amerika dan Eropa yang selama ini menyampuri urusan dalam negeri Lebanon. Berlanjutnya sikap campur tangan Amerika dan Eropa menguntungkan kelompoknya.

Sikap Amerika dan Eropa selama ini melanggar kedaulatan bangsa Lebanon. Tampaknya, konspirasi Amerika, Eropa dan kelompok 14 Maret praktis telah menutup jalan penyelesaian krisis negara ini. Berlanjutnya konspirasi ini menjerumuskan Lebanon dalam bahaya besar. Dunia internasional sangat mengkhawatirkan masa depan Lebanon di tengah-tengah campur tangan Amerika dan Eropa ini.

Sumber: IRIB bahasa Indonesia.

Incoming search terms:

  • campur tangan amerika di dunia internasional
  • penentang hegemoni amerika
  • rekonsiliasi sunni syiah Irak
  • siapa kelompok 14 maret lebanon
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment