≡ Menu

Uni Eropa Tolak Kawasan Bebas Senjata Nuklir di Timur Tengah

Di sidang tahunan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), Mesir dikecewakan sikap negara-negara anggota Uni Eropa (UE), kecuali Irlandia dan Austria. Dalam sidang itu, Mesir mengusulkan kawasan Timur Tengah menjadi kawasan bebas senjata nuklir yang ditolak negara-negara UE. Menindaklanjuti sikap negara-negara UE itu, Mesir melayangkan surat kepada mereka meminta penjelasan logis soal penolakan itu. Perlu diketahui, setiap tahunnya Sidang Umum IAEA mengeluarkan resolusi menekankan pelaksanaan Traktat Non Proliferasi (NPT) di kawasan Timur Tengah. Keputusan itu disepakati dengan suara bulat negara-negara anggota IAEA. Kasus ini mencuat setelah Mesir mengusulkan tambahan dalam ibarat tersebut dan menyebutkan Rezim Zionis Israel sebagai satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki senjata nuklir. Usulan perubahan ini disetujui 53 negara, Amerika dan Rezim Zionis Israel menolak, sementara 47 negara lainnya, abstain. 25 dari 47 negara yang abstain adalah anggota Uni Eropa.

Negara-negara Eropa segera menjustifikasi sikapnya dengan mencoba menyalahkan Mesir. Menurut mereka, perubahan yang diusulkan Mesir di akhir-akhir waktu sidang. Akhirnya, mereka tidak punya waktu cukup untuk memikirkannya lebih lanjut. Alasan kekanak-kanakan ini di balas oleh Menteri Luar Negeri Mesir, Ahmed Abul Gheit, dalam suratnya kepada negara-negara anggota UE bahwa jawaban itu tidak menjelaskan sesuatu. Ia tetap meminta dari mereka untuk memberikan alasan sebenarnya atas penolakan itu. Alih-alih memberikan jawaban transparan, para diplomat Eropa malah meminta agar tambahan itu dihapus dalam resolusi tahun depan dan Sidang Umum IAEA cukup meratifikasi resolusi dua tahun lalu. Artinya, mereka meminta agar tambahan yang menyebutkan nama Israel sebagai negara pemilik senjata nuklir harus dihapus.

Coba bandingkan sikap mereka terhadap Rezim Zionis Israel dengan yang dilakukan selama ini terhadap Republik Islam Iran! Tanpa bukti yang cukup, Amerika dan negara-negara besar UE menuduh Iran sebagai ancaman nuklir Timur Tengah. Standar ganda ini hanya punya satu tujuan, untuk mengokohkan posisi Rezim Zionis Israel di Timur Tengah, terutama soal kekuatan nuklir. Amerika dan negara-negara besar UE bersikeras menolak program damai nuklir Iran. Alasan yang dikemukakan juga terkesan dipaksakan. Menurut mereka, bila negara-negara di kawasan ini menguasai teknologi nuklir, maka kemungkinan di masa depan mereka akan memproduksi senjata nuklir. Padahal, alasan sesungguhnya penentangan Barat untuk menahan kemajuan negara-negara kawasan dalam penguasaan teknologi nuklir. Mereka tahu betul, teknologi nuklir adalah faktor terpenting pembangunan sebuah negara. Sejatinya, pembangunan negara-negara di kawasan merupakan penghalang besar kekuatan-kekuatan asing mendikte politik dan ekonomi negara-negara Timur Tengah.

Politik Amerika dan sekutu Eropa-nya sudah jelas. Pertanyaannya, mengapa seluruh anggota UE mendukung politik gila Amerika yang jelas-jelas bertentangan dengan kepentingan nasional mereka? Menarik dicermati, Irlandia dan Austria tidak mengekor kebayakan negara UE lainnya. Irlandia malah menyetujui usulan Mesir, sementara Austria tidak hadir dalam pengambilan suara. Kembali pada sikap mayoritas negara-negara UE. Penentangan mereka atas Timur Tengah yang bebas senjata nuklir menunjukkan mereka menerima bahwa Rezim Zionis Israel memiliki senjata nuklir. Bila pertanyaan Mesir tidak dijawab secara transparan oleh negara-negara UE, popularitas mereka akan semakin menurun. Masyarakat dunia tidak akan percaya lagi independensi negara-negara UE dalam masalah Rezim Zionis Israel. Artinya, lobi-lobi Zionis demikian kuat melakukan infiltrasi sehingga keputusan-keputusan politik Barat harus sejalan dengan kepentingan Rezim Zionis Israel.

Sumber: IRIB bahasa Indonesia.

Incoming search terms:

  • kepentingan eropa di timur tengah
  • kawasan timur tengah
  • kepentingan uni eropa di timur tengah
  • Www Senjata mesir Com
  • kawasan bebas senjata nuklir
  • buku tentang uni eropa non proliferasi
  • alasan uni eropa menolak nuklir iran
  • alasan UE mendukung AS
  • alasan senjata nuklir dihapuskan
  • alasan menolak senjata nuklir
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment