≡ Menu

Turki Ungkap Bantuan Militer AS terhadap Separatis PKK

Pemerintah Turki beniat membeber sejumlah bukti kepada Pentagon mengenai bantuan persenjataan AS terhadap kelompok pemberontak partai buruh Kurdistan Turki (PKK). Bukti ini diperoleh dari hasil kesaksian sejumlah anggota milisi PKK yang berhasil ditangkap baru-baru ini oleh militer Turki. Padahal selama ini AS selalu berupaya menampik seluruh tudingan mengenai dukungannya terhadap separatis PKK. Bahkan dalam lawatan akhir PM Turki Recep Tayyip Erdoğan ke Washington baru-baru ini, Presiden AS George W. Bush menyebut PKK sebagai musuh bersama Turki, AS, dan Irak.

Namun melihat politik standar ganda AS terhadap masalah PKK dan hasil perundingan Bush dengan Erdogan yang tak begitu konstruktif, membuat kalangan politik dan militer Ankara kian tidak puas dengan sikap mendua AS tersebut. Pasalnya, kendati Barat dan AS telah memperingatkan berkali-kali mengenai kemungkinan agresi militer Turki di Irak utara, namun Erdogan, sekembalinya dari Washington pada 9 November lalu, justru memastikan rencana operasi militer Turki menumpas gerakan PKK di utara Irak. Sebelumnya, PM Turki ini memang berjanji bakal menentukan kepastian rencana serangan militerya ke Irak utara sepulang dari lawatannya ke AS dan perundingannya dengan para petinggi negara ini. Bahkan Kepala Staf Gabungan Militer Turki, Yashar Buyukanit baru-baru ini melaporkan bahwa pihaknya tengah menunggu komando dari Ankara untuk melancarkan serangan ke pos-pos milisi PKK di utara Irak.

Kini, Turki telah menempatkan 100 ribu tentaranya di kawasan perbatasan Irak dan mengancam bakal menyerang Irak utara jika tak ada penangangan yang serius untuk menumpas gerakan PKK. Belakangan, media-media massa Turki juga melaporkan tentang kesiapan pasukan militer Turki untuk menggelar agresi militer anti-PKK di Irak utara. Selain itu, sebelum bertolak ke AS, PM Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan bahwa dirinya bakal melaksanakan segala kebijakan yang dinilai penting baik di tingkat nasional maupun internaisonal, termasuk serangan militer ke utara Irak.

Tampaknya Ankara sengaja bakal membongkar berbagai bukti mengenai dukungan militer AS terhadap separatis PKK untuk memperoleh pembenaran atas agresi militernya di Irak utara. Selain itu, berdasarkan kesepakatan akhir Erdogan dan Bush, Turki berencana membombardir sejumlah kawasan di utara Irak setelah memperoleh informasi dan data penting dari AS. Namun pertanyaan yang muncul kemudian adalah sejauhmana kepercayaan Ankara terhadap keakuratan informasi dan data yang diberikan oleh Washington?

Sumber: IRIB bahasa Indonesia.

Incoming search terms:

  • Persenjataan Militer Turki
  • serangan turki terhadap pkk
  • kajian militer serangan turki ke pkk irak utara
  • militer turki
  • persenjataan turki
  • pkk masalah turki
  • rencana serangan turki ke irak utara
  • Separatis Turki
  • sikap amerika serikat serangan turki ke irak utara
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment