≡ Menu

Amerika Kalah Cepat, Iran Lebih Dulu Jatuhkan Sanksi di OPEC

Sejak dua tahun terakhir ini, nilai tukar Dollar Amerika terus melemah atas Euro. Namun usulan Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, membuat dolar anjlok ke level terendah. Ahmadinejad mengusulkan, negara-negara agar negara-negara OPEC mengganti mata uang transaksi minyak dari dolar ke euro. Media Indonesia Online melaporkan dari London bahwa mata uang negara-negara Uni Eropa, euro, mencapai rekor nilai tukar tertinggi terhadap US$. Satu euro mencapai nilai tukar US$1,4766. Nilai tukar ini menjadi yang tertinggi semenjak 9 November lalu, ketika satu euro mencapai US$1,4752. Tentunya, di satu sisi, forum tertinggi negara-negara pengekspor minyak itu meninggalkan pekerjaan rumah yang membuat ekonomi dunia berguncang. Namun di sisi lain, keputusan itu perlu diseriusi karena berdampak pada rendahnya penerimaan negara-negara anggota OPEC.

Jawa Pos Online hari Selasa, menulis, Rencana negara-negara anggota OPEC mengganti mata uang transaksi minyak dari dolar AS ke euro memang tidak masuk dalam komunike kesepakatan yang dibacakan pada penutupan KTT OPEC. Namun, dolar AS langsung terkoreksi hebat saat usul yang diusung Iran itu menjadi perdebatan di forum. Mengutip jaringan berita bisnis Bloomberg, pada perdagangan valuta asing kemarin, kurs dolar AS merosot terhadap 14 di antara 16 valuta yang ditransaksikan. “Dolar AS terkoreksi terhadap hampir seluruh mata uang dunia, sehingga muncul pemikiran untuk mematok mata uangnya,” kata Sue Trinh, analis dari RBC Capital Markets di Sydney, kemarin.

Di kawasan regional, dolar AS hanya menguat terhadap rupiah dan mata uang Tiongkok, renminbi. Rupiah kemarin ditutup terkoreksi 20 poin terhadap dolar AS menjadi Rp 9.335. Dolar AS juga menguat terhadap renmimbi menjadi 7,4245 renmimbi. Seperti diberitakan, tuntutan menggusur dolar AS diperjuangkan kelompok negara anti-AS yang dipelopori Iran dan Venezuela. Mereka menuntut penggantian dolar dengan mata uang yang lebih berharga, seperti euro. Mahmoud Ahmadinejad beralasan, “Mereka dapat minyak, tetapi kita dapat kertas-kertas tak berharga.” Namun, sampai KTT berakhir, sama sekali tidak disebut-sebut soal usul pengubahan patokan mata uang ini. Diduga, kubu pro-AS yang dimotori Arab Saudi mengeblok usul radikal tersebut. Pernyataan akhir KTT hanya menyebutkan, OPEC akan menyuplai minyak dalam jumlah yang mencukupi dan tepat waktu. Namun, bukan berarti kemungkinan penggantian mata uang itu tertutup sama sekali. Menteri Keuangan Iraq, Baqir Jabr al-Zubeidi mengatakan, para menteri keuangan anggota OPEC membicarakan persoalan itu sebelum pertemuan di Abu Dhabi pada 5 Desember 2007.

Terlepas apakah pertemuan akan datang di Abu Dhabi bakal OPEC dapat mencapai kesepakatan menggantikan dolar dengan euro, tapi dalam kaca mata politik internasional, Iran dengan cerdik berhasil memukul balik Amerika. Jelas, Amerika dan beberapa negara Eropa gagal menggalang suara untuk menjatuhkan sanksi yang lebih berat terhadap Iran. Perancis juga gagal menggalang kesepakatan negara-negara Uni Eropa bersama-sama menjatuhkan sanksi terhadap Iran di luar koridor Dewan Keamanan PBB. Tanpa diduga, Ahmadinejad sang pembuat berita kembali beraksi menohok Amerika dari OPEC. Sampai di sini, skor masih tetap dimenangkan Ahmadinejad dari seterunya George W. Bush.

Bila melihat kondisi perekonomian Amerika yang sedang lesu bahkan cenderung menurun, maka sikap menolak dolar merupakan pilihan yang bijaksana. Bagaimana menurut anda?

Sumber: IRIB bahasa Indonesia.

Incoming search terms:

  • transaksi uang minyak iran
  • pergantian mata uang Dollar dalam transaksi minyak OPEC
  • pengaruh sanksi ekonomi bagi iran
  • negara di eropa dan amerika dan mata uang
  • nilai tukar mata uang iran 2007
  • opec tidak mencapai kesepakatan
  • pencapaian mahmoud ahmadinejab semasa menuntut dahulu
  • penggantian dolar dengan euro
  • 4chan narwhaler
  • Rencana negara-negara anggota OPEC mengganti mata uang transaksi minyak dari dolar AS ke euro memang tidak masuk dalam komunike kesepakatan yang dibacakan pada penutupan KTT OPEC Namun dolar AS langsung terkoreksi hebat saat usul yang diusung Iran itu men
{ 0 comments… add one }

Leave a Comment